BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 09 Oktober 2010

BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Mengingat semakin besar arus era globalisasi yang kian hari kian meningkat memacu kebutuhan akan tenaga profesional yang tinggi dibidangnya, maka salah satu upaya yang akan dilakukan demi terciptanya para profesional kerja untuk memenuhinya, sudah semestinya khususnya bagi dunia pendidikan dibidang kejuruan yang salah satu tujuan akhirnya mencetak generasi yang layak untuk aktif berperan didunia usaha yang semakin lama semakin berat dalam persaingan.
Untuk memenuhi hal tersebut diatas, maka salah satu upayanya yaitu dilakukan dengan pelaksanaan Praktik Kerja Industri yang merupakan awal untuk menginjak kepada keberhasilan dunia pendidikan khususnya dibidang kejuruan untuk menciptakan tenaga semi profesional yang dapat diandalkan didunia usaha dimasa yang akan datang.
Salah satu bidang studi yang pelaksanaannya diperlukan adanya kerjasama antara sekolah dengan pihak luar sekolah adalah Praktik Kerja Industri yang merupakan salah satu upaya agar siswa tamatan Sekolah Menengah Kejuruan menjadi tenaga yang siap pakai/ kerja/ usaha (semi profesional/profesional).
Yang dijadikan dasar pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) :
a. Kebijakan pemerintah yang tertuang dalam GBHN tahun 1988 menetapkan bahwa tujuan pendidikan Sekolah Menengah kejuruan adalah menghasilkan tenaga terampil tingkat menengah (semi profesional) yang layak kerja/ usaha dalam berbagai sektor pembangunan.
b. Kurikulum SMK tahun 1999.

0 komentar: